Workshop Kurikulum KKNI dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal

STIMIK Sepuluh Nopember Jayapura menggelar Kurikulum KKNI dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal di kampus

Workshop ini dibuka oleh ketua STIMIK Sepuluh Nopember Jayapura yang dalam hal ini diwakili oleh Plh. Ketua Sariaty H.Y. Bei SH, M.Si. dalam sambutannya disampaikan bahwa dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi perguruan tinggi di Papua khususnya di STIMIK Sepuluh Nopember selaku penyelenggara pendidikan tinggi di Tanah Papua, bahwa perlu adanya penyesuaian kurikulum yang diterapkan saat ini dengan kurikulum yang berorientasi pada kualifikasi kompetensi lulusan yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor yang dibutuhkan oleh stakeholder sebagai pengguna lulusan perguruan tinggi. Kurikulum KKNI (kerangka kualifikasi Nasional Indonesia) ini sudah diputuskan oleh peraturan presiden no.8 tahun 2012. Dan disampaikan pula bahwa untuk mendukung proses yang baik dalam menjalankan kurikulum KKNI perlu didukung dengan sistem penjaminan mutu yang baik di perguruan tinggi.

Workshop ini dihadiri oleh wakil-wakil ketua, Ketua-ketua Prodi, dosen-dosen dan peserta lainnya. Dan sebagai narasumber pada workshop ini adalah Dr.Ir. Djoko Soetarno, DEA Ketua II INDOCEISS, SPMI dan Akreditasi APTIKOM sekaligus sebagai dosen Universitas Bina Nusantara Jakarta. Kegiatan workshop ini dilakukan selama 3 hari dari 25 s.d 27 Juni 2019 di Kampus STIMIK Sepuluh Nopember Jayapura.

Pada workshop ini narasumber membimbing bagaimana kurikulum yang seharusnya diterapkan sehingga matakuliah – matakuliah yang ada dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa, dan dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang diinginkan oleh pihak pengguna lulusan baik itu negeri maupun swasta. Selain itu juga sistem penjaminan mutu yang baik yang harus dibuat dan diterapkan di STIMIK Sepuluh Nopember sehingga dapat menjamin proses pendidikan yang bermutu yang bisa mendapatkan pengakuan sangat baik dari BAN PT.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk proses reakreditasi program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi di STIMIK Sepuluh Nopember Jayapura di tahun 2021, dimana saat ini kedua program studi telah terakreditasi baik oleh BAN PT.

(by admin) 27 juni 2019